Sunday 24 February 2013

Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 9: School Mathematics


http://powermathematics.blogspot.com/2010/09/elegi-pemberontakan-pendidikan_5936.html#comment-form 

Matematika sekolah berorientasi terhadap kepentingan pendidikan sesuai dengan perkembangan intelektual dan psikologis siswa. Dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar menggunakan pembelajaran matematika sekolah. Berdasarkan pendapat Ebbutt and Straker (1995), terdapat empat hakikat matematika sekolah, yaitu pola, problerm solving,investigasi dan komunikasi.  Matematika sebagai pola memiliki arti bahwa siswa diberi kesempatan untuk menemukan, menyelidiki pola, serta melakukan percobaan untuk menentukan hubungan pengertian yang satu dengan yang lain. Matematika sebagai problem solving, merangsang siswa untuk dapat memperoleh pengetahuan yang diperlukan serta dapat memecahkan masalah, sehingga akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa dalam memecahkan suatu persoalan. Matematika sebagai investigasi memiliki arti mendorong siswa untuk mencari solusi ataupun mendorong keingintahuannya dari suatu persoalan. Matematika sebagai komunikasi, mendorong siswa untuk mengenal, menjelaskan serta membicarakan persoalan matematika. Semoga dengan adanya hakikat matematika sekolah tersebut, dapat mendorong pembelajaran yang lebih baik lagi dan siswa  menyenangi pelajaran matematika karena dirinya sendiri.

No comments:

Post a Comment