Tuesday 26 February 2013

Refleksi Pembelajaran Matematika Seperti Apa yang Kita Harapkan di SD?


Dari uraian artikel diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika akan lebih efektif apabila matematika lebih dekat dengan kehidupan peserta didik , entah dari pengalamannya ataupun suatu hal yang berhubungan dengan apa yang ada di lingkungannya. Artinya, dari pembelajaran matematika itu sendiri, pengetahuan yang diperoleh peserta didik dapat digunakan dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari. Hal itu karena pada dasarnya siswa SD akan lebih paham pada sesuatu hal yang bersifat real yang dekat dengan masalah dunia nyatanya.
Terkait dengan langkah-langkah pembelajaran tersebut, saya sependapat dengan hal itu, terutama tentang strategi peserta didik dalam memecahkan masalah. Pada umumnya peserta didik akan lebih memahami dan mengingat ilmu lebih lama, apabila peserta didik dapat mencari sendiri cara memecahkan masalah tertentu. Namun hal itu tidak terlepas dari bimbingan guru untuk mengarahkannya menuju penyelesaian masalah yang benar. Langkah-langkah pembelajaran tersebut memang sistematik, dengan diskusi siswa baik dalam individu maupun kelompok, mempresentasikan hasil karyanya, dan diakhiri dengan menarik kesimpulan bersama-sama yang didampingi oleh guru. Tentunya guru tidak boleh terpaku pada satu strategi pembelajaran saja, karena guru juga harus menggunakan strategi yang bervariasi demi terciptanya pembelajaran yang inovatif.

No comments:

Post a Comment