Saturday 23 February 2013

Refleksi Lesson Study dan Siswa Berkebutuhan Khusus Belajar Matematika (Telah dimuat di Bernas, 26 Agustus 2008)



http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/lesson-study-dan-siswa-berkebutuhan.html

Selama proses pendidikan berlangsung, tentunya ada masalah-masalah tentang pendidikan, terkait dengan kurang efektifnya pembelajaran. Misalnya, guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan pelajaran matematika pada siswa berkebutuhan khusus. Hal itu memunculkan suatu pikiran untuk mengupayakan  pendidikan yang lebih berkualitas.  Untuk itu, dengan adanya LESSON STUDY ini sebagai strategi alternative untuk mengatasi kurang efektifnya pembelajaran terhadap siswa berkebutuhan khusus. Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif, sehingga pembinaan tersebut dapat membantu untuk membangun komunitas belajar dengan kebersamaan di antara pendidik. Lesson study terdapat tahapan-tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do),  refleksi (check),  dan tindak lanjut (act). Dalam  lesson study memfokuskan pada pemecahan permasalahan pembelajaran yang dialami siswa atau penerapan ide pembelajaran yang mengacu pada berbagai aspek kognitif, afektif, psikomotorik, dan nilai karakter. Sehingga melalui lesson study ini, akan menambah pemahaman tentang bagaimana siswa belajar terhadap kondisi psikologis anak didik terhadap siswa berkebutuhan khusus. Selain itu juga dapat meningkatkan kolaborasi terhadap sesama guru, sehingga proses pembelajaran  menjadi lebih baik dengan metode bervariasi sesuai dengan materi dan tingkat perkembangan intelektual siswa

No comments:

Post a Comment