Friday 22 February 2013

Refleksi Problematika Pembelajaran Matematika di SD



http://powermathematics.blogspot.com/2008/11/problematika-pembelajaran-matematika-di.html

Setelah membaca artikel tentang problematika dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar, sebagai calon pendidik di SD merasa mempunyai tanggung jawab yang besar. Sebagai seorang pendidik profesional tentunya akan berusaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran terhdapat peserta didik secara aktif. Untuk dapat mengatasi problematika tersebut, perlu adanya pemahaman terlebih dahulu oleh para pendidik , seperti pemahaman tentang metode pembelajaran, penerapan matematika sekolah ataukah matematika umum, hakikat matematika, dan lain-lain. Dengan pemahaman tersebut, pendidik tidak akan menerapkan matematika umum dalam pembelajaran di SD, karena matematika sekolah itulah yang sesuai diterapkan di SD.  Seorang pendidik di Sekolah Dasar harus lebih menguasai tentang bagaimana karakteristik siswanya yang bervariasi. Tidak dapat dipungkiri, bahwa pendidik juga harus kreatif untuk menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan, sehingga akan menghilangkan persepsi bahwa matematika itu sulit. Di era globalisasi ini tentunya banyak media-media yang akan mendukung terhadap proses pembelajaran matematika di SD, sehingga pendidik juga diharapkan menggunakan media yang bervariasi. Disisi lain, untuk menuju pembelajaran yang inovatif perlu disisipkan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran. Dalam teori taksonomi Bloom,ada beberapa unsur dalam pembelajaran yaitu ingatan, pemahaman, aplikasi, serta analisis yang relevan diaplikasikan dalam pembelajaran matematika. Semoga bagi para guru dan calon guru dapat menjadi pendidik dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif. 

No comments:

Post a Comment