Monday 3 June 2013

Refleksi The Role of Cognitive Development Theory for Mathematics Education





Untuk membahas tentang mekanisme perkembangan kognitif anak, berawal dari pengamatan perilaku anak ketika berinteraksi dengan orang-orang dan benda-benda disekelilingnya. Walaupun dalam interaksi tersebut memburuhkan proses yang komplek untuk mengetahui perkembangan kognitifnya. Proses kognitif mendasari kemampuan untuk memecahkan masalah, untuk berpikir dan belajar. Menurut Turner ( 1984) seseorang memberikan respon tertentu terhadap rangsangan tertentu dianggap baik karena keduanya terkait dalam beberapa cara, yaitu, respon itu 'dikondisikan', atau karena penampilan respons ini telah dihargai sebelumnya. Sedangkan Piaget (1969) mengakui bahwa setiap penjelasan tentang perkembangan anak harus mempertimbangkan dua dimensi: dimensi ontogenetic dan dimensi sosial. Piaget berasumsi bahwa perkembangan kognitif dalam membangun cara berpikir anak melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya.

No comments:

Post a Comment