Untuk
membahas tentang mekanisme perkembangan kognitif anak, berawal dari pengamatan
perilaku anak ketika berinteraksi dengan orang-orang dan benda-benda
disekelilingnya. Walaupun dalam interaksi tersebut memburuhkan proses yang
komplek untuk mengetahui perkembangan kognitifnya. Proses kognitif mendasari kemampuan untuk memecahkan
masalah, untuk berpikir dan belajar.
Menurut Turner
( 1984) seseorang memberikan respon tertentu terhadap rangsangan
tertentu dianggap baik karena keduanya terkait dalam beberapa cara, yaitu,
respon itu 'dikondisikan', atau karena penampilan respons ini telah dihargai
sebelumnya. Sedangkan Piaget (1969)
mengakui bahwa setiap penjelasan tentang perkembangan anak harus
mempertimbangkan dua dimensi: dimensi ontogenetic dan dimensi sosial.
Piaget berasumsi bahwa perkembangan kognitif dalam membangun cara berpikir anak
melalui interaksi dengan lingkungan sekitarnya.
No comments:
Post a Comment