Thursday 7 March 2013

Refleksi Elegi Guru Menggapai Perubahan


http://powermathematics.blogspot.com/2009/04/elegi-guru-menggapai-perubahan.html?showComment=1362674273435#c967682784599232232

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, guru hendaknya melakukan perubahan-perubahan yang lebih baik lagi terhadap proses pembelajaran pada siswa. Kesadaran dan keinginan dari diri sendiri sangat berpengaruh terhadap pencapaian suatu perubahan menuju makna yang positif, mempunyai arah, dan bermanfaat dalam dunia pendidikan. Perubahan yang pertama dilakukan adalah perubahan dalam memperbaharui motivasi dan niat untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang lebih baik. Guru hendaknya melakukan inovasi dalam pembelajarannya, seperti implementasi beraneka ragam metode ataupun alat peraga, mengembangkan lembar kerja siswa, sumber belajar, teknik pembelajaran, dan keterampilan memecahkan persoalan. Dalam hal itu, guru akan mampu melahirkan metode pembelajaran yang baru sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti pemanfaatan internet. Perubahan paradigma pendidikan akan menentukan kualitas dan mutu pendidikan, sehingga perlu adanya perubahan pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga siswa bukanlah sebagai objek lagi, namun siswa sebagai subjek dalam proses pembelajaran. Untuk melakukan perubahan, diperlukan kerjasama antara guru, siswa dan pihak yang bersangkutan , sehingga mampu mengimplementasikan masalah-masalah nyata terhadap segala aspek kehidupan. Selain itu, dengan adanya kerja sama, siswa dapat memecahkan masalah secara kelompok, dengan metode diskusi yang diterapkan dalam proses pembelajaran. Perubahan pendidikan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, agar dunia pendidikan menjadi maju dan lebih berkualitas. Secara umum, guru hendaknya melakukan perubahan dari pembelajaran yang tradisional ke pembelajaran yang modern.

No comments:

Post a Comment