http://powermathematics.blogspot.com/2009/04/elegi-guru-menggapai-perubahan.html?showComment=1362674273435#c967682784599232232
Seiring
dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, guru hendaknya melakukan
perubahan-perubahan yang lebih baik lagi terhadap proses pembelajaran pada
siswa. Kesadaran dan keinginan dari diri sendiri sangat berpengaruh terhadap
pencapaian suatu perubahan menuju makna yang positif, mempunyai arah, dan bermanfaat
dalam dunia pendidikan. Perubahan yang pertama dilakukan adalah perubahan dalam
memperbaharui motivasi dan niat untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang lebih
baik. Guru hendaknya melakukan inovasi dalam pembelajarannya, seperti
implementasi beraneka ragam metode ataupun alat peraga, mengembangkan lembar
kerja siswa, sumber belajar, teknik pembelajaran, dan keterampilan memecahkan
persoalan. Dalam hal itu, guru akan mampu melahirkan metode pembelajaran yang
baru sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti pemanfaatan internet. Perubahan
paradigma pendidikan akan menentukan kualitas dan mutu pendidikan, sehingga
perlu adanya perubahan pembelajaran dari yang berpusat pada guru menjadi
pembelajaran yang berpusat pada siswa. Sehingga siswa bukanlah sebagai objek
lagi, namun siswa sebagai subjek dalam proses pembelajaran. Untuk melakukan
perubahan, diperlukan kerjasama antara guru, siswa dan pihak yang bersangkutan ,
sehingga mampu mengimplementasikan masalah-masalah nyata terhadap segala aspek
kehidupan. Selain itu, dengan adanya kerja sama, siswa dapat memecahkan masalah
secara kelompok, dengan metode diskusi yang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Perubahan pendidikan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, agar dunia
pendidikan menjadi maju dan lebih berkualitas. Secara umum, guru hendaknya
melakukan perubahan dari pembelajaran yang tradisional ke pembelajaran yang modern.
No comments:
Post a Comment