Tuesday 5 March 2013

REFLEKSI IDENTIFIKASI MASALAH PSIKOLOGI MENGAJAR MATEMATIKA, PSIKOLOGI BELAJAR MATEMATIKA DAN PSIKOLOGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Dalam pembelajaran matematika, psikologi belajar akan berpengaruh terhadap hasil pendidikannya. Siswa mempunyai beranekaragam kondisi psikologisnya, sehingga respon-respon tiap siswa berbeda-beda dalam pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu, kompetensi guru akan dibutuhkan untuk memahami perkembangan psikologi siswa dalam kegiatan belajar. Setiap siswa mempunyai cara berbeda-beda dalam mempelajari matematika dan dengan pengalaman yang berbeda pula, sehingga perbedaan gejala jiwa inilah yang perlu untuk diidentifikasi dalam menunjang pembelajaran matematika. Identifikasi masalah psikologi yang telah diuraikan diatas, sangat penting bagi seorang guru untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran matematika. Pentingnya identifikasi masalah tentang psikologi dalm pembelajaran matematika, supaya guru ataupun calon guru mampu mambangun psikologi pendidikan matematika dengan memahami karakteristik siswa dalam belajar matematika. Dalam pembelajaran matematika, tentunya siswa membutuhkan motivasi dari gurunya, untuk mewujudkan pembelajaran matematika yang menyenangkan dan menarik. Pembelajaran matematika juga melibatkan pengalaman masing-masing siswanya untuk dapat memecahkan dan mengaplikasikannya dalam persoalan matematika.  Dengan demikian, seorang guru harus mampu menguasai psikologi pembelajaran dalam mengetahui kemampuan yang dimiliki siswanya, sehinggamenciptakan proses pembelajaran yang efektif dan berkualitas sesuai dengan kondisi dan tujuan yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment