http://powermathematics.blogspot.com/2010/09/elegi-pemberontakan-pendidikan.html?showComment=1362923197044#c5039199149742201419
Pandangan tentang intuisi matematika menurut para ahli memang
berbeda-beda. Dalam artikel yang berjudul Elegi Pemberontakan Pendidikan
Matematika 1: Intuisi dalam Matematika ini, Thompson menyimpulkan bahwa
peran intuisi matematika harus mengakui itu sebagai fleksibilitas
terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan
strategi skema atau struktur konseptual. Intuisi merupakan hasil
pengalaman disarikan dari pengalaman sensorik oleh intelek, dibatasi
oleh bahasa yang dikuasai, dan dipengaruhi oleh sumber daya sebagai
akumulasi warisan budaya dan ilmiah. Jadi intuisi dibangun melalui
pengalaman-pengalaman individu. Sehingga intuisi bukanlah merupakan
suatu wawasan yang diperoleh melalui akal ataupun melalui beberapa
kekuatan yang luar biasa yang waskita dalam wawasan.
No comments:
Post a Comment