Sunday 10 March 2013

Refleksi Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika

http://powermathematics.blogspot.com/2010/09/elegi-pemberontakan-pendidikan.html?showComment=1362923197044#c5039199149742201419

Pandangan tentang intuisi matematika menurut para ahli memang berbeda-beda. Dalam artikel yang berjudul Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 1: Intuisi dalam Matematika ini, Thompson menyimpulkan bahwa peran intuisi matematika harus mengakui itu sebagai fleksibilitas terhadap situasi baru dengan menggunakan repository berulang-ulang dan strategi skema atau struktur konseptual. Intuisi merupakan hasil pengalaman disarikan dari pengalaman sensorik oleh intelek, dibatasi oleh bahasa yang dikuasai, dan dipengaruhi oleh sumber daya sebagai akumulasi warisan budaya dan ilmiah. Jadi intuisi dibangun melalui pengalaman-pengalaman individu. Sehingga intuisi bukanlah merupakan suatu wawasan yang diperoleh melalui akal ataupun melalui beberapa kekuatan yang luar biasa yang waskita dalam wawasan.
Intuisi dalam matematika memegang peran yang sangat penting dalam berpikir produktif dalam memecahkan persoalan-persoalan. 

No comments:

Post a Comment