Dalam
artikel yang berjudul “Elegi Menggapai "Ideology of Mathematics
Education: What are they thinking?"
ini kita dapat tahu bahwa ideologi pendidikan
matematika mencakup mencakup radikal,
konservatif, liberal, dan demokrasi.
Dalam
kebanyakan situasi pembelajaran,
Perbedaan ideologi pendidikan
matematika dapat menyebabkan perbedaan pada bagaimana mengembangkan dan
mengelola pengetahuan, pengajaran, pembelajaran, dan sekolah.
Menurut Ernest, P (2007) terdapat empat komponen terhadap
identifikasi dari ideologis pendidikan matematika. Pertama, ada rekonseptualisasi pengetahuan dan dampak
dari etos manajerialisme dalam komodifikasi dan fetishization pengetahuan.
Kedua, ada ideologi progresivisme dengan fetishization atas gagasan kemajuan.
Ketiga, ada komponen lebih lanjut dari individualisme yang selain mempromosikan
kultus individu dengan mengorbankan masyarakat, juga membantu untuk
mempertahankan ideologi konsumerisme. Keempat adalah mitos standar universal
dalam penelitian pendidikan matematika, yang dapat mendelegitimasi strategi
penelitian bahwa etika forground atau tindakan masyarakat lebih dianggap
'pantas' dalam hal riset tradisional.
No comments:
Post a Comment