Saturday 25 May 2013

refleksi The Nature of Mathematics Education Aim


Berdasarkan uraian di atas, secara filosofis tujuan pendidkan matematika adalah peregangan dari dasar aritmatika mengajar, sertifikasi, transfer pengetahuan, kreativitas, hingga mengembangkan siswa pemahaman. Secara garis besar, tujuan pendidikan adalah memungkinkan siswa untuk dapat menyadari, memahami, menilai, dan memanfaatkan serta melakukan penerapan terhadap pengetahuan matematika dalam kehidupan sehidupan masyarakat, sesuai dengan situasi dalam kepentingan pribadi, professional hidup, maupun untuk social. Oleh karena itu, Ernest berpendapat bahwa kurikulum yang digunakan seharusnya didasarkan pada membantu pengembangan diri siswa, dan mengembangkan kemandiriannya, terhadap situasi kehidupannya maupun terhadap perubahan social yang sedang dihadapinya. Jadi secara implisit, Ernest (1995) dijelaskan bahwa sifat tujuan pendidikan matematika tergantung pada ideologi dan filosofi pendidikan matematika.

No comments:

Post a Comment