Sunday 19 May 2013

Refleksi Forum Tanya Jawab 64 : Burung di Pagi Hari, Jengkerik di Sore Hari


Dunia pagi dan sore mempunyai karakteristik yang berbeda. Keduanya bisa diasumsikan bahwa di pagi hari itu adanya kicauan burung, sedangkan sore itu adanya suara jengkrik. Hal itu juga yang seharusnya terjadi di dunia pendidikan. Namun faktanya pendidikan tradisional kita diibaratkan sebagai dunia sore. Guru penghuni sore hari menganut dunia pendidikan tradisional di sore hari,yakni tidak mampu mengimplementasikan pengajaran yang baik, penyelesaian kurikulum, mengaktifkan siswa, pemberian motivasi & apresiasi dan lain-lain. Ketidakmampuan melakukan hal tersebut, menyebabkan pendidikan bersifat tertutup.
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang para pengajarnya menjadi penhuni dunia  pendidikan inovatif. Hal itu berakar dan membudaya tentang bagaimana peran seorang guru dalam melayani kebutuhan siswab belajar, mengembangkan kurikulum, mengembangkan assessment, mengembangkan Portfolio siswa, mengembangkan Variasi Media, Variasi Metoda, Variasi interaksi serta  mengembangkan metode diskusi. Sehingga dapat digambarkan bahwa dunia pagi berkaitan dengan paradigm pendidikan yang inovatif.
Untuk merubah paradigm menjadi pendidikan yang inovatif memang tidak mudah. Ada beberapa hal yang utama yang harus ada dalam diri, yaitu Niat, Semangat, Sikap, Pengetahuan, Ketrempilan dan Pengalaman agar terjadi perjalanan dari Dunia Sore Pendidikan Tradisional menuju Dunia Pagi Pendidikan Inovatif. Inovatif akan terjadi jika kita memulainya bahwa inovasi itu dari diri sendiri.

No comments:

Post a Comment