Dari
artikel di atas, kita dapat mengetahui implikasi kerja dari Vigotsky terhadap
pendidikan matematika. menurut vigotsky, guru bertanggung jawab terhadap
belajar siswa. Guru sebgai fasilitator dan motivator bagi siswa dalam belajar.
Sehingga dari interaksi antara guru dan siswa akan dapat mempermudah bagi siswa
sendiri untuk membangun pengetahuannya. Dalam implikasi Vigotsky ini, secara
keseluruhan lebih menekankan bahwa guru memberikan pelayanan tentang apa yang
sedang dibutuhkan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri. Agar siswa terlibat dalam tugas dan untuk
memelihara suasana kelas yang positif dengan meningkatkan keterampilan social
sekaligus akademiknya, perlu menggunakan kelompok kecil dimana siswa dapat
berinteraksi terhadap temannya sekaligus tanggung jawab terhadap tugasnya. Menurut Ernest, dalam mengajar matematika hal
yang penting adalah anak-anak perlu terlibat secara aktif, memecahkan persoalan
sendiri, dan dapat menerapkan matematika dalam kehidupannya sendiri dan
lingkungan. Dalam hal tersebut, perlu dilakukan adanya pembelajaran yang aktif, bervariasi, terlibat secara sosial
dan mengatur diri sendiri. Sehinga pada kurikulum seharusnya didasarkan untuk membantu murid pengembangan diri dan
kemandirian, situasi kehidupan peserta didik adalah titik awal perencanaan
pendidikan, dan perubahan sosial adalah tujuan akhir dari kurikulum.
No comments:
Post a Comment