Saturday 25 May 2013

refleksi The Implication of Vigotsky’s Work to Mathematics Education



Dari artikel di atas, kita dapat mengetahui implikasi kerja dari Vigotsky terhadap pendidikan matematika. menurut vigotsky, guru bertanggung jawab terhadap belajar siswa. Guru sebgai fasilitator dan motivator bagi siswa dalam belajar. Sehingga dari interaksi antara guru dan siswa akan dapat mempermudah bagi siswa sendiri untuk membangun pengetahuannya. Dalam implikasi Vigotsky ini, secara keseluruhan lebih menekankan bahwa guru memberikan pelayanan tentang apa yang sedang dibutuhkan siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri.  Agar siswa terlibat dalam tugas dan untuk memelihara suasana kelas yang positif dengan meningkatkan keterampilan social sekaligus akademiknya, perlu menggunakan kelompok kecil dimana siswa dapat berinteraksi terhadap temannya sekaligus tanggung jawab terhadap tugasnya.  Menurut Ernest, dalam mengajar matematika hal yang penting adalah anak-anak perlu terlibat secara aktif, memecahkan persoalan sendiri, dan dapat menerapkan matematika dalam kehidupannya sendiri dan lingkungan. Dalam hal tersebut, perlu dilakukan adanya pembelajaran yang aktif, bervariasi, terlibat secara sosial dan mengatur diri sendiri. Sehinga pada kurikulum seharusnya didasarkan  untuk membantu murid pengembangan diri dan kemandirian, situasi kehidupan peserta didik adalah titik awal perencanaan pendidikan, dan perubahan sosial adalah tujuan akhir dari kurikulum.

No comments:

Post a Comment