Berdasarkan
uraian yang berjudul ”
The Simple
Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia ” ini kita
dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus diubah, diinovasi untuk
meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini bangsa kita sedang melakukan
pembenaha terhadap pendidikan dan moralitas siswa. Sehingga ada beberapa macal
hal yang harus diperhatikan untuk lebih difokuskan dalam perubahan system pembelajarannya.
Kebanyakan kurikulum yang ada ini, kurikulum hanya sebatas instrument saja,
oleh karena itu hendaknya ada berubahan kurikulum yang lebih baik, yaitu
kurikulum yang lebih interaktif. Selain itu, kurikulum harus sederhana namun
fleksibel. Dalam proses
pembelajaran, untuk melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran sekaligus
memenuhi apa yang sebenarnya dibutuhkan siswa dalam membangun pengetahuan,
hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selama ini,
kebanyakan guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada
guru, sehingga pengetahuan yang diterima siswa hanya sebatas pengetahuan yang
dimilik guru atau disebut dengan transferring teacher’s knowledge. Pembelajaran
yang baik adalah bagaimana siswa sendiri dapat membangun pengetahuannya sendiri,
dapat menemukan cara untuk mengatasi persoalan-persoalan matematika. oleh
karena itu, hendaknya guru harus merefleksikan diri seperti apa ia melakukan
kegiatan belajar, dan mengubah paradiigma pembelajaran tradisional menjadi paradigm
pembelajaran yang inovatif.
No comments:
Post a Comment