Saturday 25 May 2013

refleksi The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia



Berdasarkan uraian yang berjudul ” The Simple Logic of The Need to Reform of Mathematics Education in Indonesia ” ini kita dapat mengetahui hal-hal apa saja yang harus diubah, diinovasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Saat ini bangsa kita sedang melakukan pembenaha terhadap pendidikan dan moralitas siswa. Sehingga ada beberapa macal hal yang harus diperhatikan untuk lebih difokuskan dalam perubahan system pembelajarannya. Kebanyakan kurikulum yang ada ini, kurikulum hanya sebatas instrument saja, oleh karena itu hendaknya ada berubahan kurikulum yang lebih baik, yaitu kurikulum yang lebih interaktif. Selain itu, kurikulum harus sederhana namun fleksibel. Dalam proses pembelajaran, untuk melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran sekaligus memenuhi apa yang sebenarnya dibutuhkan siswa dalam membangun pengetahuan, hendaknya menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Selama ini, kebanyakan guru masih menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru, sehingga pengetahuan yang diterima siswa hanya sebatas pengetahuan yang dimilik guru atau disebut dengan transferring teacher’s knowledge. Pembelajaran yang baik adalah bagaimana siswa sendiri dapat membangun pengetahuannya sendiri, dapat menemukan cara untuk mengatasi persoalan-persoalan matematika. oleh karena itu, hendaknya guru harus merefleksikan diri seperti apa ia melakukan kegiatan belajar, dan mengubah paradiigma pembelajaran tradisional menjadi paradigm pembelajaran yang inovatif.  

No comments:

Post a Comment